Wallahu A`alam

" Ilmu : Entah! Emboh! Ga Roh! "

Inti Ajaran Makrifat

Dalam Wirid Hidayat Jati, makrifat yang di diajarkan adalah wejangan yang berasal dari delapan wali dari tanah Jawa, yang sudah dikumpulkan menjadi satu. Isinya bersumber dari intisari firman Allah SWT yang dijelaskan dalan hadis Nabi Muhammad SAW kepada Sayyidina Ali r.a melalui telinga kirinya.

Dzat dan Rumah Tuhan

Ajaran pertama tentang Dzat dan singgasana Tuhan. Ajaran tersebut terbagi menjadi delapan bagian, yaitu sebagai berikut :

1. Adanya Dzat

Sesungguhnya tidak ada apa-apa, karena pada waktu masih keadaan kosong, belum ada sesuatupun. Yang ada hanyalah Aku. Tidak ada Tuhan selain Aku. Akulah hakikat Dzat yang Maha Suci, yang meliputi sifat-Ku, yang menyertai Nama-Ku, dan yang menandai perbuatan-perbuatan-Ku.

2. Kejadian Dzat

Sesungguhnya, Aku adalah Dzat yang Maha Kuasa, yang berkuasa menciptakan segala sesuatu. Terjadi dalam seketika, sempurna dari Kodrat-Ku. Pertama kali yang Aku ciptakan adalah sebuah pohon bernama Sajaratul Yakin (pohon kehidupan). Pohon itu tumbuh dialam Adam Makdum (kosong hampa) yang azali dan abadi. Setelah itu Aku ciptakan Cahaya Bernama Nur Muhammad (cahaya yang terpuji), kemudian cermin bernama Mir’atul Haya’i (kaca wira’i), nyawa yang disebut Roh Idhafi (nyawa yang jernih), pelita yang bernama Kandil (lampu tanpa api), pemata yang bernama Dzarrah (permata), dan Jalal (keperkasaan) yang disebut Hijab (dinding jalal atau penutup), yang menjadi sekat bagi penampakan-Ku.

3. Uraian Tentang Dzat

Sebenarnya manusia itu adalah Rahsa-Ku dan Aku ini adalah rahsa manusia karena Aku menciptakan Adam dari empat unsur yaitu : tanah, air, api, dan udara. Keempat unsur itu adalah perwujudan dan Sifat-Ku. Kemudian Aku masukkan kedalam tubuh Adam lima macam mudzarrah, yaitu : nur, rahsa, ruh, nafsu, dan budi yang merupakan diding yang menghalangi Wajah-Ku yang Maha Suci.

4. Susunan dalam Singgasana Baitul Makmur

Sesungguhnya Aku mengatur singgasana dalam Baitul Makmur, yaitu rumah tempat kesukaan-Ku. Tempat itu berada dalam kepala Adam. Dalam kepala itu ada otak, dalam otak itu ada manik, dalam manik ada budi, dalam budi ada nafsu, dalam nafsu ada sukma, dalam sukma ada rahsa, dalam rahsa ada Aku. Tidak ada Tuhan selain Aku, Dzat yang melipti semua keadaan.

5. Susunan dalam Singgasana Baitul Muharram

Sesungguhnya Aku mengatur singgasana berada dalam Baitul Muharram, yaitu rumah tempat pengingat-Ku. Tempat itu ada di dalam dada Adam, di dalam dada itu ada hati, di dalam hati itu ada jantung, di dalam jantung itu ada budi, di dalam budi itu ada jinem (angan-angan), di dalam jinem itu ada sukma, di dalam sukma itu ada rahsa, di dalam rahsa itu ada Aku. Tidak ada Tuhan selain Aku, Dzat yang meliputi semua keadaan.

6. Susunan dalam Singgasana Baitul Muqaddas

Sesungguhnya Aku mengatur singgasana di dalam Baitul Muqaddas. Itu adalah rumah, tempat yang Aku sucikan. Berada dalam kontholnya adam, dalam konthol itu ada prinsilan (buah pelir), di antara prinsilan itu ada nathfah yaitu mani, dalam mani itu ada madzi, dalam madzi itu ada wadi, dalam wadi ada manikem, dalam manikem itu ada rahsa, dalam rahsa ada Aku. Tidak ada Tuhan selain Aku, Dzat yang meliputi semua keadaan, bertahta dalam nukat gaib, turun menjadi Jauhar Awal. Disitulah alam Ahadiyat berada (alam Wahdat dan alam Wahidiyat), alam Arwah, alam Misal, alam Ajsam, dan alam Insan Kamil, menjadi manusia sempurna yaitu sifat-Ku yang sejati.

7. Peneguh Iman

Yaitu yang menjadi kekuatan iman:

Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Aku dan menyaksikan Diri-Ku bahwa Muhammad itu adalah utusan-Ku.

8. Kesaksian

Aku bersaksi dalam Diri-Ku sendiri bahwa tidak ada Tuhan selain Diri-Ku dan menyaksikan Diri-Ku bahwa Muhammad itu adalah utusan-Ku. Bahwa sesungguhnya yang dinamakan Allah itu adalah Badan-Ku, Rasul itu adalah Rahsa-Ku, Muhammad itu adalah Cahaya-Ku. Akulah yang selalu ingat dan tidak pernah lupa, Akulah yang kekal tidak bisa diubah oleh keadaan. Akulah yang selalu tahu, tidak ada suatu apapun yang tersembunyi dari-Ku. Akulah yang menguasai segalanya, yang Maha Kuasa dan Bijaksana, tidak memiliki kekurangan dalam pengetahuan. Byar! Sempurna, terang-benderang, tidak terasa apa-aa, tidak kelihatan apa-apa, hanya Diri-Ku yang meliputi semua alam dengan Kodrat-Ku.

 

Wallahu A`alam

10 Komentar»

  jorumongso wrote @

semoga kedalaman maknanya dapat teraplikasikan dalam pemahaman yang sebenarnya sehingga tidak menimbulkan bentuk kemusyrikan baru yang begitu tipis…

andaikan mereka tahu….

salam

  Wallahu A'alam wrote @

Sebenernya mereka tahu,tp terkadang hati dan fikiran merekalah yang tidak mau tau dan tidak mau diberi tahu. Selalu menutup nutupi kebesaran-Nya.Semoga diberi kemudahan untuk mereka itu. Amiin…

  Edi pujo wrote @

Maha suci Allah,dari prasangka2.Allah berbeda dg maklukNya.api,air,tanah dll identik dg makluk.pendapat saya,memahami diri bisa memahami Allah yaitu beberapa sifat2 Allah ada pd kita walaupun dg skala super mikro/nano.Dia melihat,kita melihat dst.Namun sangat terbatas.jadi kita adalah perwakilan(wali)Allah di dunia.Dengan harapan kita bisa menyebarkan kasih syg,pertolongan,kesejukan spt Allah kpd maklukNya.walaupun dengan skala yg terbatas sekali.wallahualam.trimakasih,maaf bl slh

  yana wrote @

salam sejahtera,,,,,,,,,,,
TUHAN Memberkati,,,,
ya namun orang yg tdk tahu ttg TUHAN justure akan terjerumus kepada kemusrikan,,,
krn Dia tdk apa yg di sembah krn selain menyembah TUHAN ” maka DIA menyebah BERHALA”,,,,,,,,,,,,,,

  Wallahu A'alam wrote @

Salam sobat yana…
Pendapat sobat mungkin sebagian pihak menilai benar tapi pihak lain belum tentu demikian. Misal saudara-saudara kita yang berkeyakinan suatu aliran dan bukan dalam bentuk Agama bagaimana? (kejawen,kepercayaan,dst) Apakah mereka menyembah Berhala…? Mereka hanya yakin bahwa alam beserta isinya ada yang mencipta,dan ada yang mengatur,walau mereka menyebutnya bukan Tuhan, mungkin Sang yang widi, Dewa,Gusti Murbaeng Dumadi atau sebutan yang lainnya. Mari kita lihat bahwa nama tuhan tak hanya 1, semoga bermanfaat untuk kita semua. Amiin..

  Puji Pangestu wrote @

Aku tidak ada, yang ada hanya Allah…..
Tidak baik jika kita menelan apa saja yang kita lihat maupun yang kita dengar…..
resapi maknanya, akan lebih bijak, karna rahasia Allah banyak tersimpan dimana-mana.

  ilhamnugroho wrote @

topik yang diambil sangat bagus……

tolong jelaskan tentang serba 4!!!!

Dan jelaskan apakah ilmu tenaga dalam juga dipelajari dalam ajaran makrifat….

Apakah tanggapan anda mengenai orang yang pada tingkatan islam syariat yang menyatakan bahw ajaran makrifat itu haram…karena ajaran makrifat dianggap sangat bertwntangan dengan ajaran sariat….
terimakasih

  Wallahu A'alam wrote @

Salam sahabatku…

Tentang serba 4 yang bagaimana?

“Dan jelaskan apakah ilmu tenaga dalam juga dipelajari dalam ajaran makrifat….”
Kalau yang mengenai “Kanuragan” atau “Tenaga Dalam” dalam ajaran makrifat saya rasa sudah tidak ada sebab kanuragan hanya di pelajari di lapisan yang paling bawah yaitu “awal mengenal dunia gaib” atau cara dasar untuk mengenal kegaiban.

“Apakah tanggapan anda mengenai orang yang pada tingkatan islam syariat yang menyatakan bahw ajaran makrifat itu haram…karena ajaran makrifat dianggap sangat bertwntangan dengan ajaran sariat….”
Wajar-wajar saja sebab kemampuan seseorang terkadang di batasi oleh dirinya sendiri. Jikalau sudah lulus SD pasti ingin masuk SMP, dan kalau lulus SMP pasti ingin SMA… dan seterusnya. Bila ingin berhenti di SMP saja ya silahkan “asal” benar-benar memenuhi kriteria “Tidak Mampu” untuk melanjutkan, bila mampu baik materi / kesehatan lantas hanya ingin sebatas SMP ya.. itu suatu kebodohan yang ia buat sendiri.
Satu hal lagi, orang-orang yang ingin mempelajari makrifat, tidak langsung menuju kesana melainkan banyak jalan yang harus ia lalui dahulu. Bukan tiba-tiba langsung ke dunia makrifat, itu sama halnya setelah lulus SD minta kuliah!!! betapa Bodohnya posisi kita bila menempati kedudukan itu.

Terimakasih Sobat.

  Jamal al ahmad wrote @

Aq adalah TI2K ALLAH. NapsuQ & BadanQ yg slalu MENYESATKN. Berilah pelajaran agr aq mengenalmu lbh jauh

  Wallahu A'alam wrote @

Amien….


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: